Rabu, 30 Mei 2012


PENGALAMAN PRAKTEK
DI RSUD SUNAN KALIJAGA
DEMAK



Berangkat dari asrama pukul 07.30 sampai di RSUD SUNAN KALIJAGA, DEMAK hari senin, 21 Mei 2012 pukul 08.00.setelah itu kami diserahkan kepada pihak Rumah Sakit dan diberi arahan oleh pihak RS. Sambil menunggu barang-barang kami datang, kami sebelum praktek di Orientasikan oleh bu. Hj naning yang selaku kepala kantor keperawatan dan juga ibu kos yang akan kami tempati untuk menginap selama praktek KDPK. Setelah barang-barang kami datang kami langsung membawa barang-barang kita ke tempat kos. Lokasi kos kami tidak terlalu jauh dari tempat praktek. Setelah itu kami langsung menuju RS untuk melaksanakan praktek. Saya mendapat ruang Kenanga yang rata-rata pasien setelah operasi, sebelum operasi,dan dan penyakit yang lain. Dan nama kepala ruang tersebut adalah Bp. Sugeng T.S..Disana saya berkenalan dengan praktikan lain namanya “Linda” dia orangnya baik. Disana saya disuruh membantu untuk ganti balut agar tidak terjadi infeksi pada pasien. Selain itu saya juga mengganti cairan infus yang sudah habis, memberikan obat melalui selang infus maupun melalui oral. Dalam minggu ini saya mendapatkan sift

21 mei 2012
22 mei 2012
23 mei 2012
24 mei 2012
25 mei 2012
26 mei 2012
27 mei 2012
Pagi
Malam
Siang
Pagi
Pagi
Malam
Libur

Pada hari pertama saya berkenalan dengan praktikan lain, kemudian dia mengajakku untuk ikut melakukan/ mengganti infus, injeksi, dll. Berhubung saya baru pertama praktik saya diajarin oleh praktikan yang sudah lam di situ. Pada sift pagi di mulai pukul 07.00-14.00. saya pulang pukul 14.15 karena harus menunggu yang jaga siang. Setelah itu saya pulang menuju kos dan membereskan barang-barang yang saya bawa dan istirahat.
Dalam praktek ini saya mendapatkan banyak pelajaran yaitu ketelitian, kecekatan/tangkas dalam menangani pasien,dll. Tiap hari saya melakukan kegiatan seperti biasanya, contohnya mengganti balut pasien, for bedden, mengoplos obat, injeksi, infus, mengganti cairan infus yang sudah habis, dll.
Pada saat sift malam yang jaga 4orang dan 3orang perawat RS. Saya dan teman-teman yang lain harus siap siaga apabila ada pasien yang membutuhkan pertolongan. Pada jam 23.00 saya memberikan injeksi obat pada pasien. Saya dan teman jaga tidak bisa tidur, sehingga saya dan 2orang lainya jalan-jalan keluar ruangan untuk melihat kondisi sekitar dan juga bisa mengurangi rasa ngantuk saya. Pukul 01.30 saya dan teman-teman tidur, lalu pukul 04.00 kami bangun untuk memberikan injeksi obat pada pasien. Sambil menunngu adzan subuh kami keliling lagi untuk melihat kondisi pasien. Pukul 06.00 kami disuruh untuk melakukan TTV ( menngukur tekanan darah) pada pasien, setelah itu saya membantu membuat data CM ( data yang berkaitan dengan kondisi pasien ). Disini saya bisa mengenal berbgai macam penyakit diantaranya seperti tumor mandibula, ulcus post antepartum, CA Mamae, tumor pada kepala dan masih banyak macam-macam penyakit lainya. Disini saya menemukan seorang pasien yang mengidap penyakit tumor mandibula yang pada saat itu akan di operasi, namun yang terjadi operasinya tidak jadi akibat tekanan darah pasien tersebut sangat tinggi. Mungkin karena pasien tersebut merasa takut, tegang, karena belum pernah di operasi. Kemudian saya disuruh untuk mengukur tekanan darah kembali dan ternyata tekanan darah pasien masih tinggi, lalu saya ngomong pada pasien tersebut untuk tidak banyak pikiran, dibuat santai saja. Tumor mandibula ini seperti baru makan permen disebelah kanan. Jadi dokter yang merawat tersebut suka membuat hiburan pada pasien yang lain supaya pasien tidak stres dalam menghadapi operasi atau yang lain. Kami semua saling kerjasama untuk merawat pasien.
Selain itu saya juga menemukan pasien yang diagnosanya Ulcus Post Antepartum yang punya riwayat DM ( kencing manis ) dan ternyata jari jempol kaki pasien tersebut telah di amputasi karena luka DM tersebut pada kaki pasien. Ada juga yang jari tanganya di jahit gara-gara di keroyok sama perampok dan dia tidak bisa lari. Lalu ada pasien yang saya kira sehat-sehat saja tapi ternyata setelah diperiksa oleh dokter ternyata mempunyai penyakit CA Mamae.
Pada hari ke tiga kegiatan saya seperti biasanya seperti mengganti cairan infus, injeksi, TTV yang biasanya dilakukan pada pagi dan sore hari.
Hari ke empat kegiatan saya seperti biasanya, namun ada pasien baru dan akan di EKG yaitu untuk mengetahui detak jantung pasien. Dan saya membantu mengganti balut karena sudah saatnya balutan tersebut di ganti supaya tidak terjadi infeksi pada luka tersebut.
Pada hari ke 5 saya mengantar pasien ke R.OCA untuk di operasi sebanyak 4orang. Lalu saya disuruh untuk mengambil hasil LAB di Laboratorium. Kemudian saya melakukan TTV dan membagikan obat untuk diminum.
Pada hari ke 6 saya membantu perawatnya untuk melepas kateter pasien, karena terjadi gangguan sehingga kateter tersebut tidak bisa berjalan dengan lancar/normal. Pada jam 23.00 saya memberikan obat injeksi pada pasien.
Dari sini saya mendapatkan pelajaran banyak sekali antara lain belajar untuk merawat, menyayangi, mensyukuri apa yang telah diberikan pada kita dan menjaganya dengan baik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar