Rabu, 25 April 2012


PROFIL DESA BLIMBING KIDUL
KEC.KALIWUNGU KUDUS



 

Desa Blimbing Kidul mempunyai luas wilayah 125,110 ha dengan batas desa :
  • Sebelah Utara : Desa Sidorekso
  • Sebelah Timur : Desa Gamong / Banget
  • Sebelah Selatan : Kab Demak
  • Sebelah Barat : Kab Jepara
Berdasarkan pembagian wilayah kerja, Dusun dibagi berdasarkan wilayah RW (ada 3 RW)
Jumlah Penduduk : 4755




Kondisi Sarana dan Prasarana Bidang Sosial
Pendidikan Masyarakat
No
Jenis Pendidikan
Jumlah
1
Pra Sekolah
2 TPQ
2
TK/Sederajat
2 TK
3
SD/Sederajat
5 SDN
4
SMP/Sederajat


5
SMA/Sederajat



Kesahatan Masyarakat
Di Desa Blimbing Kidul terdapat :

No
Jenis
Jumlah
1
Posyandu
5 buah
2
Polindes
1 buah
3
Rumah Sakit
-
4
Praktek Dokter Umum
-
5
Praktek Bidan/Perawat
2 buah

Nama Bidan tersebut adalah :
  1. Bidan Sri Hartutik Amd.Keb
  2. Bidan Nurul Amd.Keb
    Kegiatan Posyandu Di Desa Blimbing Kidul




Kegiatan posyandu di Desa Blimbing Kidul merupakan kegiatan yang mendapat antusiasme tinggi dari para warganya. Kegiatan ini bertujuan untuk mengontrol kesehatan dari para balita dan ibu hamil yang ada di Desa Blimbing Kidul. Kegiatan ini secara berlangsung secara bergantian di rumah para kader posyandu dengan agenda yang telah terjadwal. Kegiatan ini dimulai dengan penimbangan berat badan, kemudian pemeriksaan kesehatan, pencatatan data kesehatan pada kartu kontrol kesehatan, dan selanjutnya pemberian vitamin, obat atau imunisasi pada balita dan ibu hamil. Sesekali kegiatan posyandu mendapat bantuan berupa supply makanan atau minuman yang dapat menunjang gizi para peserta posyandu, seperti telur, susu, dll.


Kegiatan bidan desa berlangsung di salah satu posko di balai desa pada hari Senin, Rabu dan Jumat. Kegiatan ini berlangsung setiap pukul 09.00 sampai 11.00 WIB. Kegiatan ini sangat menunjang kesehatan warga Desa Blimbing Kidul karena pada akhir pemeriksaan, para pasien akan diberikan obat atau vitamin dengan cuma-cuma. Kegiatan pemeriksaan ini masih didominasi oleh pasien dari kalangan manula, namun tak jarang juga warga usia produktif yang memeriksakan kesehatannya ke posko bidan desa ini.


KEGIATAN PENDAMPINGAN POSYANDU
Siapa yang tidak mengenal kegiatan Posyandu atau singkatan dari Pos pelayananan Terpadu, beberapa program kali ini banyak yang berhubungan dengan Posyandu dengan sasaran balita, Ibu hamil dan orang tua balita serta tidak lupa para kader Posyandu. Program ini terdiri dari pendampingan terhadap kader Posyandu dalam hal pemberian Pemberian Makanan Tambahan (PMT), Pembagian Produk Peternakan sebagai Pengenalan Protein Hewani pada Balita dan Ibu Hamil, Sosialisasi Pentingnya konsumsi Protein Hewani dan makanan seimbang serta sosialisasi periode emas tumbuh kembang Balita pada orang tua balita yang hadir sebagai peserta bagian dari Posyandu.
Pada kegiatan ini terdiri dari empat posyandu, dengan jumlah peserta masing-masing pos sekitar 25 orang yang terdiri dari balita dan ibu hamil. Setiapa posyandu memilki empat kader posyandu namun, realisasi di lapangan tidak semua kader posyandu ikut andil dalam kegiatan posyandu sehingga sosialisasi kegiatan posyandu masih kurang yang mengakibatkan peserta posyandu lebih sedikit dari pada seharusnya sesuai data monografi desa tentang jumlah ibu hamil dan balita. Disamping itu peran Bidan masih dominan sehing program tujuh meja yang terdiri dari kegiatan posyandu seperti registrasi, penimbangan, imunisasi, konsultasi, PMT, pengecekan KHS masih dominan dilakukan oleh Bidan hal ini bisa menimbulkan ketergantungan dimana setidaknya ada lima kegiatan yang harus dilakukan oleh kader posyandu tanpa adanya Bidan. Dengan demikian kegiatan pendampingan Posyandu sangat diperlukan.
Kegiatan pendampingan posyandu ini dikemas dalam bentuk non formal dengan tujuan untuk menciptakan komunikasi efektif anatara peserta posyandu dan kami sebagai tim sosialisasi. Antusias para ibu-ibu sangat baik sehingga menciptakan komunikasi dua arah yang memberikan kesan positif dimana para ibu-ibu mampu memahami apa yang kami sampaikan. Kordinasi dengan bidan desa sebelumnya sangatlah membantu proses berjalanya kegiatan pendampingn posyandu ini alhasil dari empat posyandu yang kami kunjungi memberikan respon yang baik untuk kegitan kami kali ini.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar